Inilah Kenapa Kita Perlu Diet Sehat, Bukan Diet Cepat

Tips Diet

Ada banyak tips diet di dunia ini, tapi manakah yang benar? Memiliki berat badan yang ideal jelas menjadi keinginan setiap orang. Diet pun menjadi solusi ketika seseorang merasa tubuh atau berat badannya kurang proporsional. Selama ini diet memang merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk menurunkan berat badan. Sayangnya tidak semua orang menerapkan program diet sehat untuk dijalani. Sebagian dari kita justru melakukan diet dengan program yang sangat ketat, sehingga berat badan turun drastis. Sebagian yang lain bahkan melakukan diet dengan mengkonsumsi obat diet tertentu, sehingga alih-alih berat badan menjadi turun, program diet yang dijalani justru berakhir dengan timbulnya penyakit.

Tips Diet

Menjadi langsing dengan cepat memang terdengar sangat menggiurkan. Apalagi, jika kemudian disertai dengan iming-iming tanpa olahraga. Namun diet yang terlalu ketat–bahkan hingga tidak makan–justru menimbulkan resiko gangguan kesehatan. Selain itu, upaya yang terlalu keras dan tidak sehat justru tidak menggaransi berat badan yang stabil dan ideal dalam jangka waktu yang panjang.

Berat badan yang ideal untuk diturunkan adalah setengah hingga satu kilogram dalam satu minggu. Berat ini dianjurkan untuk memberi kesempatan kepada tubuh untuk memiliki waktu yang cukup untuk menyesuaikan diri dengan kondisi yang baru, sehingga tubuh tidak collaps dan berujung dengan timbulnya penyakit.

Tips Diet Terbaik

Diet yang terlalu ketat dan drastis tidak hanya memicul timbulnya penyakit, tetapi juga menimbulkan banyak efek samping. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Diet yang terlalu ketat membuat tubuh menjadi kekurangan asupan nutrisi penting, sehingga justru berakibat pada menurunnya kesehatan tubuh.
  • Kurangnya asupan nutrisi yang seimbang berujung pada tubuh yang mudah lelah dan lemas
  • Rusaknya jaringan otot yang disebabkan oleh diet ekstrim. Diet yang terlalu ekstrim, justru membakar otot dalam tubuh, alih-alih membakar lemak yang berlebih.
  • Diet ketat bisa menyebabkan stress sehingga berat badan cepat naik kembali.
  • Ketidakstabilan kondisi tubuh akibat diet ketat bisa berujung pada gangguan menstruasi, rambut rontok, kostipasi, dan lain-lain.
  • Menyebabkan dehidrasi, elektrolit yang tidak seimbang dalam tubuh, batu empedu, dan lain-lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *