Inilah Perbedaan Berbagai Jenis dan Bahan Jaket Motor yang Perlu Anda Ketahui

Jaket Motor

Jaket merupakan bentuk pakaian panjang yang mempunyai ketebalan tertentu dan sering digunakan oleh masyarakat untuk melindungi diri dari berbagai cuaca. Keberadaannya begitu penting, apalagi untuk mereka yang sering mengendarai motor di jalanan. Panas ataupun dingin tidak akan mengganggu pengemudi di jalan jika sudah menggunakan jaket motor yang nyaman. Bukan hanya untuk pengemudi motor saja, sekarang ini sudah banyak sekali produsen yang menciptakan jaket dengan berbagai fungsi masing-masing, dari mulai digunakan keseharian sampai dengan saat sedang berolahraga mempunyai model yang berbeda.

Jika Anda melihat dipasaran sendiri baik itu pada toko online ataupun offline banyak produsen membuat jenis jaket dari berbagai bahan. Nah, berikut ini ada beberapa jenis jaket yang banyak ditawarkan di Indonesia yaitu:

  • Micro fiber.

Yang pertama adalah jenis bahan jaket yang sangat tipis hampir mirip seperti parasut, umumnya pada satu sisi mempunyai tampilan yang lebih mengkilap dan pada sisi lainnya lebih redup. Jenis ini sering digunakan masyarakat dalam keseharian ataupun hanya sebagai pelindung saat jalan-jalan.

  • Taslan.

Tampilan pada jaket selanjutnya ini memang lebih terkenal eksklusif, bahan ini memang anti air jadi tidak heran jika harga yang ditawarkan lebih tinggi dari pada jenis lainnya. Bagi Anda para bikers bisa memilih jenis jaket ini, kualitasnya tidak perlu diragukan lagi. Bahan yang lebih tebal, microfire, waterproof merupakan beberapa kelebihan yang bisa Anda dapatkan.

  • Parasut.

Selanjutnya ada jaket yang diproduksi dari bahan yang sangat tipis, dan kelemahannya tidak cukup baik dalam menahan air. Jadi jika terjadi hujan deras kurang baik untuk para bikers yang berkendara di malam hari tidak cocok mengenakan jenis bahan yang terlalu tipis ini.

Jaket Motor

  • Kulit.

Kemampuan jaket kulit yang lebih kuat dan tidak mudah tembus angin menjadikan jaket ini banyak dijadikan pilihan oleh masyarakat. Bagi para bikers sangat disarankan memilih jaket bikers kulit karena termasuk dalam jaket motor yang terbaik dalam segala kondisi. Baik itu pada malam hari ataupun siang hari. Selain keawetannya, jenis kulit asli juga mempunyai cara perawatan yang cukup mudah.

  • Kulit sintetis.

Terkadang harga kulit asli memang lebih mahal, maka dari itu untuk memberikan solusi bagi mereka yang mempunyai dana terbatas para produsen menciptakan jaket kulit dengan hasil pencampuran bahan lainnya. Kualitasnya memang tidak sebagus kulit dan sangat tidak cocok digunakan pada siang hari karena terlalu panas serta tidak mampu menyerap keringat dengan baik.

  • Kanvas.

Bahan kanvas sering dijadikan sebagai bahan jaket yang digunakan dalam beberapa acara yang lebih casual. Dipasaran sendiri sangat bervariasi, mulai dari serat dan mempunyai ukuran ketebalan yang berbeda-beda. Umumnya tekstur jaket bahan kanvas akan berbulu dan campuran bahan ringan lainnya.

  • Jeans.

Bahan jeans ternyata memang tidak digunakan sebagai pembuat celana saja, karena dipasaran sendiri banyak sekali jaket jeans yang dibuat dengan model, kekuatan dan juga ketebalan masing-masing.

Sebenarnya jika Anda sedang mencari jenis jaket untuk berkendara jauh itu sangat mudah, hanya beberapa pertimbangan yang diperlukan. Mulai dari kenyamanan, ketahanan serta kekuatan jaket itu sendiri. Anda bisa menentukan dari jenis jaket motor dari bahan mana saja yang membuat Anda lebih nyaman. Karena saat berkendara bila Anda memilih item yang tidak berkualitas tentunya akan membuat tidak lagi nyaman saat berkendara, fatalnya bisa mengganggu konsentrasi saat berada di jalanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *