Perhatikan Beberapa Hal Sebelum Membuat Kolam Renang Pribadi

Kontraktor Kolam Renang Sejasa

Memiliki kolam renang pribadi merupakan idaman bagi setiap orang. Sudah lengkap rasanya jika kita memiliki fasilitas kolam renang di rumah. Tentunya kita dan keluarga tidak perlu repot mengeluarkan biaya untuk pergi ke kolam renang umum.

Namun, untuk memiliki kolam renang pribadi di area rumah tidaklah semudah kita bermimpi. Tentunya kita perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan konraktor kolam renang.

Kontraktor Kolam Renang Sejasa

Selain itu, ada persyaratan khusus yang wajib kita penuhi berkaitan dengan perancangan kolam renang pribadi yang ingin kamu buat, diantaranya yaitu adanya ruang area serta anggaran yang memadai. Anggaran tidak hanya dibutuhkan sebagai biaya pembuatan saja, melainkan dibutuhkan biaya perawatan kolam setiap bulannya.

Langkah pertama yang dilakukan sebelum membuat kolam renang pribadi yaitu pikirkan tahap desain kolam renang minimalis. Lahan yang terbatas menjadi kendala utama kita untuk membuat kolam renang yang besar. Oleh karena itu, buatlah kolam renang di bawah standard atau berukuran kecil dengan konsep yang minimalis.

Secara teknis, hal yang harus diperhatikan dan kita sediakan untuk mendesain kolam renang minimalis adalah:

  1. Ketersediaan Lahan

Ketersediaan lahan ini mengacu pada kebutuhan kolam renang pribadi itu sendiri, apakah akan kamu ingin membuat kolam renang pribadi kamu dengan menggunakan konsep dalam ruangan (indoor) atau luar ruangan (outdoor). Dan pastikan kamu memiliki ruang yang cukup untuk membuat kolam renang.

  1. Sistem Filtrasi

Sistem filtrasi yang digunakan untuk kolam renang ada dua macam, yang pertama adalah sistem konvensional dengan menerapkan metode underground piping atau pemipaan. Sistem ini merupakan metode pembuatan kolam renang dengan pipa-pipa pada struktur konstruksi kolam renang bagian bawah. Pipa-pipa ini berfungsi untuk mengalirkan air ke tangki filter, untuk kemudian mengalirkannya kembali ke kolam setelah melalui tahap filterisasi.

Sistem yang kedua adalah sistem integrated pool dan filter atau kolam renang yang terinegrasi. Sistem pembuatan kolam renang model ini tidak perlu penanaman pipa air pad konstruksi kolam bagian bawah. Untuk filterisasi atau penyaringan air, menggunakan sistem filtrasi yang menyatu dengan struktur kolam utama atau monolithic structure. Untuk opsi kedua ini merupakan sistem yang lebih menguntungkan terutama bagi kita yang ingin membuat kolam renang di lahan yang tidak begitu luas, sebab pompa serta filter kolam umumnya terletak ditepi atau didalam kolam.

  1. Material untuk Konstruksi

Material yang nantinya akan digunakan untuk konstruksi kolam renang perlu kita perhatikan. Kita harus memperhitungkan kemungkinan-kemungkinan terburuk misalnya jika kita membangun kolam renang di tanah yang mudah retak atau di daerah yang rawan gempa. Jadi kondisi tanah dan kondisi daerah sangat mempengaruhi pemilihan material yang nanti akan digunakan. Tentunya hal ini harus dipikir dan pertimbangkan dengan baik oleh kontraktor kolam renang.

  1. Tipe-tipe Filter

Untuk komplimen kolam renang, filter berfungsi sebagai media sirkulasi air yang telah dikontaminasikan dengan bahan-bahan kimia untuk menjaga kebersihan dan kejernihan air. Terdapat beberapa jenis filter yang bisa kita pilih namun tentunya kita harus menyesuaikan dengan konsep pembuatan kolam renang sebelumnya. Filter untuk kolam renang minimalis yang kita pilih sangat berhubungan dengan desain atau struktur konstruksi kolam renang itu sendiri baik dari jenis, model, maupun materialnya.

Demikan hal-hal yang harus kita ketahui sebelum membuat kolam renang minimalis impianmu di rumah. Setelah kamu menentukan ingin membuat kolam renang, kamu juga harus berdiskusi dan bertanya-tanya dengan kontraktor kolam renang mana yang terbaik, yang dapat mewujudkan impian kolam renang kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *